BLANTERWISDOM101

Perbincangan Seputar Teater - 11

Jumat, 09 Juli 2021

 


Oleh: Eko Santosa

11. Kelompok-kelompok

Menarik mengamati perbincangan seputar teater ketika sebuah acara atau produksi selesai. Umumnya, perbincangan bermula pada hal-hal di luar teater seperti basa-basi bertanya kabar dan perkara personal lainnya. Namun seiring waktu, perbincangan mulai menyoal produksi yang baru saja disaksikan dari berbagai macam sudut pandang. Pada saat ini segala hal yang berkaitan dengan artistik dibicarakan, secara umum. Akan tetapi, tidak menunggu waktu lama, perbicangan kemudian mengerucut ke artistik secara khusus hingga sampai pada kelompok penyaji. Sampai di sini, perbincangan mulai serius namun menyasar kemana-mana termasuk eksistensi kelompok, pengakuan, pandangan, dan penilaian. 

baca juga : Perbincangan Seputar Teater - 10

Saat di mana mulai membincangkan kelompok dan penilaian ini menandakan saat di mana kumpulan perbincangan tersebut akan terbagi dalam kelompok-kelompok yang memiliki lingkaran sendiri seara otomatis. Ada keengganan, ada kesenjangan, ada kejengahan, namun ada pula ikatan yang membuat perbincangan tak segera usai namun berubah menjadi kelompok-kelompok. Artinya, pada saat itu ada poin perbincangan yang sebenarnya tidak disepakati bersama namun tak terelakkan. Poin-poin itu meluncur begitu saja dan para penolak tidak menyatakan secara langsung ketakbersetujuannya melainkan bergeser pelan-pelan untuk membentuk kelompok perbincangan sendiri dengan poin yang berbeda.

Hal ini sangat menarik untuk diamati. Dan jika masing-masing kelompok diikuti, maka perbincangan akan menjadi riuh. Pada dasarnya, banyak gagasan, model, dan penilaian yang berbeda-beda antara kelompok satu dengan yang lain perihal seni teater. Meskipun dalam kelompok-kelompok tersebut terkadang muncul sentimen, namun tidak sampai menumbangkan rasa suka bersama akan teater. Terbentuknya kelompok-kelompok dalam perbincangan adalah dinamika yang menyenangkan. Masing-masing memilki pengalaman sendiri yang hendak ditumpahkan dan dibagikan kepada orang-orang tertentu. Masing-masing pengin memiliki peran sehingga ketika ada seseorang yang mulai mendominasi, maka mulaialah kelompok kecil terbentuk dan asyik sendiri dengan topik tertentu yang membuat mereka merasa setara.

Dinamika perbincangan antarkelompok merupakan kultur teater komunitas yang cukup kuat. Perbincangan ini dapat  melahirkan hal-hal positif seperti gagasan perkembangan teater tetapi juga dapat melahirkan sikap kompetitif antarkelompok. Namun jika ditelaah, sikap kompetitif yang dibangun secara positif dalam arti sama-sama melahirkan karya merupakan jalan baik bagi perkembangan teater itu sendiri. Kompetisi memang diperlukan untuk saling mengasah kreativitas dan meningkatkan produktivitas. Namun, orkestrasi juga perlu dibangun karena teater adalah seni kolaboratif yang mana kerja bersama, tumbuh bersama dan berusaha bersama merupakan keharusan. Lahirnya kelompok-kelompok kecil dalam sebuah perbincangan yang sebelumnya merupakan kelompok besar, oleh karena itu perlu disikapi sebagai bagian penting dari orkestrasi kehidupan berteater dalam menciptakan harmoni. Dengan begitu, diharapkan karya-karya baru senantiasa muncul dan bersemi.

==()==


Share This :

0 komentar